Suka Duka Jalani Sesi Pemotretan Bayi ala 2 Fotografer

Liputan6.com, Jakarta – Menjadi fotografer bayi seringkali berawal dari hobi sebelum benar-benar jadi profesi untuk menghasilkan pendapatan. Dengan hanya 2-3 jam saja, sesi pemotretan bayi berusia 6 hingga 12 hari bisa diselesaikan.

Merekam momen bayi lewat fotografi belakangan menjadi tren para orangtua baru di Indonesia. Menurut Founder Babyprops, Lucia Darmawan, kurang lebih 150 fotografer dalam negeri yang memfokuskan diri pada foto bayi baru lahir atau newborn photography, di antaranya adalah Evelina dan Shirly.

Menjalani fotografi bayi pun ternyata memiliki suka dan duka. Pemilik akun Instagram @clickportraiture, Evelina, mengaku mendapatkan banyak kesukaan saat menggeluti profesi ini.

“Sukanya banyak, bisa ketemu banyak orang, dan jalan-jalan juga,” tutur fotografer bayi asal Jakarta, Evelina, saat ditanya melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Rabu (21/11/2018).

Selain itu, terjun di dunia fotografi turut membuat Evelina belajar bersyukur. Ia mendapat kepuasan batin bila hasil potretnya dipajang oleh klien. Saking senangnya, ia tak merasa kendala yang dialami menjadi sebuah duka. Padahal, tak semua bayi bisa diatur agar berpose menarik saat difoto.

“Jelas ya, ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur,” ujarnya.

Berbeda dengan pemilik akun Instagram @littlehugsphotography, Shirly, asal Tangerang yang membeberkan dukanya saat itu. Baginya, diperlukan tenaga ekstra untuk mempersiapkan alat dan perlengkapan si bayi untuk sesi foto. Harus siap kotor juga ditanamkan oleh Shirly dalam melakukan pekerjaannya.

“Siap kotor, dan perlu tenaga ekstra untuk mempersiapkan semuanya,” ujarnya melalui pesan singkat kepada Liputan6.com.

Namun, karena ia mengaku fotografi bayi tersebut sebagai passion-nya, pekerjaan itu akan menghasilkan kebahagiaan tersendiri. Apalagi, ia bisa mengatur waktu agar lebih fleksibel.

Ia pun berbagi tips agar sesi pemotretan bayi bisa berjalan lancar. Yang terutama adalah memastikan bayi dalam keadaan kenyang. “Jika bayi lapar, maka mereka akan lebih rewel dan sulit diatur,” kata Shirly. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Cara menenangkan bayi laki-laki dari menangis sampai tertidur.