Sensasi Menikmati Kopi Toraja di Atas Awan

Liputan6.com, Jakarta – Hari Kopi Internasional yang jatuh setiap 1 Oktober, dirayakan oleh sekitar 77 negara di dunia, termasuk Indonesia. Peringatan ini diresmikan Organisasi Kopi Internasional (ICO) sejak 2014 lalu.

Bicara tentang kopi, Indonesia punya segudang jenis kopi. Beberapa di antaranya memiliki cita rasa terbaik di dunia. Salah satunya kopi Toraja. Pada 2012, kopi ini bahkan sempat menjadi kopi termahal di dunia dalam Lelang Kopi Spesialti Indonesia di Surabaya.

Di Toraja, terdapat banyak kedai yang menyajikan kopi khas setempat. Dari yang bentuknya tradisional sampai yang kekinian dengan desain Instagramable, kalau anak milenial bilang.

Dilansir dari Good News From Indonesia, ada kedai kopi di Toraja yang tak hanya sekadar menawarkan tempat untuk menikmati kopi. Di tempat itu, pengunjung diajak untuk merasakan sensasi menikmati kopi Toraja dari atas awan.

Ya, tempat itu terletak di Puncak Lolai yang memiliki ketinggian kurang lebih 1300 meter di atas permukaan laut. Tempat tersebut berlokasi di Kampung Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Tempat ini terkenal dengan julukan Negeri di Atas Awan. Hal itu karena hamparan awan terlihat seolah lebih rendah dari tempat berpijak sehingga pengunjung bisa memegang awan.

Di Puncak Lolai, rumah tongkonan yang dikenal sebagai Tongkonan Lempe berderet. Di rumah khas Tana Toraja ini lah pengunjung bisa menikmati Kopi Toraja yang punya cita rasa sangat lezat. Rumah tongkonan tersebut bisa disewa untuk beristirahat ataupun menginap.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Beragam cara para barista menyajikan kopinya untuk dinikmati pelanggan